Selasa, 15 Januari 2019

Ada berbagai Kisah dari Secangkir Kopi


Entah kenapa akhir-akhir ini sangat suka dengan kopi, padahal waktu kecil sangat tidak suka dengan yang satu ini karena rasanya yang pahit. Namun seiring berjalannya waktu, saya merasa membutuhkan energi yang lebih untuk melakukan sesuatu, dan salah satunya dapat saya suplai dari kopi. Menurut penelitian, kafein yang dikandung kopi adalah senyawa struktur kimia, yang apabila masuk ke dalam tubuh akan bereaksi bersama neurotransmitter pada jaringan saraf untuk memberi sinyal kepada otak dan mata, yang efeknya membuat kita jadi tidak mengantuk. Hingga saat ini, minuman ini menjadi favorit saya kapanpun dan dimanapun berada. Dengan kopi saya dapat menemukan banyak inspirasi dan ide untuk melakukan berbagai hal. Mulai dari kerja laporan, membuat bahan ajar, kerja tugas, hingga menulis artikel, semua berawal dari energi yang ditularkan oleh kopi. Maka dari itu , tema yang saya angkat untuk blog saya adalah its all about coffee. But why it should be coffee?
Kalian baru membuka blog saya, langsung ada tulisan header bertuliskan “Lets Ngopi”. Belum lagi ada banner dengan gambar secangkir kopi, dengan quotescoffee could boost up my day”. Yup, emang thats true, dengan kopi bisa membangun semangat hari-hari saya. Dan sepertinya branding tentang kopi adalah hal yang tepat untuk menggambarkan blog saya secara keseluruhan. Berhubung dalam blog ini yang akan saya bahas adalah opini-opini pribadi dari berbagai topik (mulai dari sains, lingkungan, gaya hidup, film, buku, pendidikan, hingga politik), maka dari itu semua ide untuk menulisnya berasal dari semangat kopi. Yup, itulah alasan mengapa saya mengangkat tema kopi untuk blog saya. Namun tahukah anda, ada banyak hal unik dan menarik yang muncul dari secangkir kopi. Berikut hal-hal menarik tersebut :

Kafein dalam Kopi tidak hanya sekedar kafein

Secangkir kopi biar melek
  
Apabila ditinjau dari segi kimiawi, Kafein memiliki struktur dengan nama umum Tri-Methyl-Xanthin dengan rumus kimia (C8H10N4O2). Senyawa yang tergolong organik bahan alam ini adalah senyawa utama yang terkandung dalam biji-bijian kopi yang membuat ciri khas kopi itu pahit dan beraroma. Kalau saya menjelaskan semua hal nya secara kimiawi dari kafein, mungkin pembaca akan gagal paham (anyway, background saya adalah ilmu kimia). Namun yang harus kalian tahu dari kafein ini adalah senyawa organik ini (disebut senyawa organik karena tesusun atas unsur karbon yang cukup lengkap dan komplit) merupakan neurotransmitter dalam sistem syaraf. Apakah neurotransmitter itu? Neurotransmitter adalah senyawa yang dapat menghantarkan sinyal atau arus listrik dalam sistem syaraf makhluk hidup. Nah apabila dia menjadi transmitter maka zat ini akan membawa sinyal berupa pesan yang akan diolah oleh otak sebagai suatu pesan informasi yang khas untuk memberi respon ke dalam tubuh. Saya mengibaratkannya sebagai sebuah pesan atau sinyal (walaupun kenyataannya bukan pesan kayak sms atau chat gitu) seperti itu agar mudah dipahami, sebab beberapa referensi pun menjelaskannya dengan cara seperti itu. Nah pesan dan respon apa yang disampaikan menuju dan dari otak ? Itulah efek yang biasa kita rasakan bila habis minum kopi,  misalnya jadi melek dan susah tidur. Karena senyawa khas kafein inilah yang membuat kopi memiliki rasa yang spesial. Ada beberapa tumbuhan yang memiliki pigmen senyawa khas selain kopi, seperti senyawa Capcaisin pada tanaman cabai yang memberi rasa pedas, Minyak Atsiri pada tanaman serai yang memiliki khas aroma wangi, dan Limonen pada jeruk yang memberi khas aroma jeruk yang harum.

Ada nilai yang terkandung dalam secangkir kopi

The art of Coffee (pic originally taken by me)

Pernah nggak kalian datang ke kafe dan melihat betapa ahli dan mahirnya seorang barista dalam meracik kopi. Suatu hal yang harus kalian ketahui adalah tidak semua orang mampu meracik kopi. Tiap hari mungkin saja kita sering menikmati kopi kemasan di rumah, yang dibeli dari warung-warung terdekat, dan menikmatinya ketika sore hari di sore rumah. Kopi kemasan tersebut mungkin harganya murah yang hanya sekitar 1000 – 2000an per kemasan. Namun ketika datang ke kafe atau warkop harga secangkir kopi bisa saja lebih mahal 10 kali lipat dari harga kopi kemasan. Mengapa bisa seperti itu ? Tentu saja kopi kemasan rumahan memiliki cita rasa berbeda dengan racikan kopi asli sang barista. Ada banyak nilai yang harus dibayar ketika minum kopi di kafe dibandingkan dirumah.
Nilai pertama yang muncul dari secangkir kopi tersebut adalah kualitas. Berbicara masalah kualitas kopi, tentunya berasal dari bahan baku kopi itu sendiri, yakni kopi arabika atau kopi robusta. Bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan secangkir kopi yang berkualitas pula. Beberapa penikmat kopi rela keliling Indonesia untuk mencari varietas kopi terbaik demi memperoleh kualitas secangkir kopi terbaik pula.
Proses Grinding Kopi

Penyaringan kopi melalui Espresso

Nilai kedua adalah proses. Meracik kopi ala barista, kafe, atau warkop tentunya membutuhkan serangkaian proses hingga memperoleh secangkir kopi yang berkualitas. Proses tersebut mulai dari pemanggangan, penghalusan, penyeduhan, dan penyaringan. Tahapan proses tersebut masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan keahlian bagi penggunanya. Contohnya saja, proses menyaring kopi ada banyak macamnya, dan tidak sekedar menggunakan saringan teh yang ada di dapur rumah tangga kita. Proses penyaringan ada yang namanya teknik drip, Vietnam drip, Turkish coffee, french press, percolator, dan espresso (sebenarnya masih ada ada banyak metode lain). Itu lah sebabnya barista adalah tidak sekedar hanya seorang pelayan pembuat kopi, namun proses membuat kopi tersebut membutuhkan keterampilan khusus. Keterampilan khusus tersebut dapat berupa keterampilan penggunaan alat, urutan dalam melaksanakan prosedur hingga tata kelola waktu dalam membuat secangkir kopi yang nikmat. Hasilnya tentu saja tidak sekedar harus dibandingkan kopi kemasan yang tinggal seduh, namun jasa untuk proses pembuatan dibaliknya yang juga harus dihargai. 
Nilai ketiga adalah seni. Berbicara seni tentu berhubungan dengan keindahan. Setiap orang memiliki persepsi tentang seni yang berbeda-beda. Seni dalam kopi dapat tertuang dalam bentuk bagaimana orang tersebut menikmatinya, bagaimana seorang mampu membedakan jenis-jenis kopi hanya dengan mencium aromanya atau mencicipi rasanya. Kita sendiri mungkin pernah berpikir, bahwa kopi hanya memiliki satu rasa, yakni pahit, and thats all. Namun bagi pecinta kopi tentunya hal tersebut tidak berlaku. Dibalik rasa pahit kopi ada beberapa sub rasa yang terikut dibelakangnya. Mereka mampu melabeli rasa pahit kopi melalui tingkatan pahitnya, atau tingkat keasamannya, serta bagaimana paduan antara level asam dan level pahit tersebut menjadi kesatuan utuh untuk menciptakan secangkir kopi yang nikmat.Penuangan unsur seni dari kopi dapat juga terlihat pada mahirnya seorang barista membuat coffee/latte art. Rasa seni juga dapat muncul melalui bagaimana mereka menuangkan ide-ide pemikiran mereka melalui segala hal yang berhubungan dengan kopi. Contohnya saja ada seorang fotografer yang memiliki minat membidik objek berupa kopi atau pelukis yang objek gambarnya tentang kopi.  Atau ada pula seorang penulis yang topik tulisannya selalu membahas tentang kopi.

Ada cerita di setiap seruput kopi

Obrolan yang muncul dari secangkir kopi

Setiap orang yang datang ke warkop atau kafe akan bertahan lama-lama walaupun hanya memesan secangkir kopi. Yang membuat mereka lama adalah obrolannya. Dalam setiap seruput kopi pasti ada bahasan yang berbeda pula di setiap obrolannya. Intinya satu seruput, satu obrolan. Fenomena ini saya amati beberapa kali dengan mengamati perilaku beberapa orang sampel bapak-bapak yang saya lakukan tanpa serangkaian metode penelitian yang terstruktur. Yang masuk dalam kategori bapak-bapak menurut saya dapat berupa orang dewasa  berumur paruh baya sekitar kepala empat dan kepala tiga. Mereka  datang ke warkop dengan kumis tebalnya (walaupun tidak semua bapak-bapak berkumis tebal) bersama temannya (entah berupa rekan bisnis, reuni teman sekolah, atau handai taulan) dengan menikmati secangkir kopi. Sembari tertawa terbahak-bahak atau dengan senyum sunggingan  mereka kemudian mengambil cangkir kopi dan menyeruputnya. Apabila masih dalam keadaan panas maka menikmati kopi akan terdengar seruput khas. Intinya adalah satu seruput satu pokok bahasan. Secangkir kopi bisa saja dinikmati mulai dari tiga hingga enam kali seruput. Berarti dalam secangkir kopi secara kasar dapat menciptakan obrolan mulai dari tiga hingga enam topik bahasan.
Begitulah kopi mampu membentuk perilaku kita ketika sedang berada di warkop atau kafe. Secara tidak sadar diri kita mampu menciptakan kebiasaan unik hanya dari secangkir kopi. Duduk di warkop berlama-lama sambil membaca koran hingga secangkir kopi habis, dan duduk berjam-jam di depan notebook untuk sebuah laporan yang dalam tenggat waktu. Atau bisa saja duduk sembari bercanda tawa bersama teman yang hampir sepuluh tahun tidak bertemu dengan membahas memori masa lampu yang terbilang lucu bila dibahas di jaman sekarang. Mengapa harus kopi ? Kenapa ngga teh tarik, atau jus jeruk aja. Kenapa si bapak-bapak itu tidak memesan jus buah naga aja sembari baca koran. Ya jelas saja tentu beda ya, kopi tidak dinikmati bukan untuk memenuhi hasrat haus atau lapar layak nya jus jeruk, jus buah naga, teh tarik, taro drink atau semacamnya. Melainkan dinikmati untuk kebutuhan kita untuk bersantai dan menenangkan pikiran. What do you think ?  

Aroma dan rasa yang mampu membangkitkan semangat ?

Harumnya aroma kopi

Ketika mencium aroma kopi berbagai ide dan semangat inspirasi akan muncul. Berdasarkan yang saya baca dari sebuah situs, terdapat suatu penelitian yang membuktikan bahwa kopi mampu menigkatkan performa dan kinerja seseorang. Dua orang peneliti di Amerika Serikat melakukan eksperimen terhadap 114 pelajar, dimana mereka semuanya diminta untuk mengerjakan soal matematika. Dari 114 orang itu dibagi menjadi dua kelompok. Salah satu kelompok diminta untuk menghirup aroma kopi sebelum mengerjakan soal matematika tadi, sedangkan kelompok yang lain tidak. Nah, hasil yang ditemukan bahwa kelompok yang menghirup kopi mendapatkan performa yang lebih tinggi dalam menyelesaikan soal tersebut. Para peneliti mengatakan bahwa hal ini diakibatkan oleh efek plasebo yang di hasilkan dari kopi tersebut. Menurut referensi yang saya baca, efek plasebo adalah efek yang ditimbulkan oleh seorang pasien dari sebuah obat kosong. Ya obat  kosong, maksudnya anggaplah terdapat suatu obat yang sebenarnya itu bukan obat, namun hanya terlihat seperti obat dari luarannya saja. Namun karena obat kosong ini diberikan ke pasien, ternyata sang pasien memperlihatkan adanya efek dari pemberian obat tersebut, padahal yang diberikan hanyalah obat palsu atau kosong. Nah dalam penelitian yang dibahas diatas, obat kosong tersebut adalah aroma kopi. Kopi dianggap sebagai obat kosong karena sebenarnya material kopi tidak memberikan apa-apa secara spesifik dan teoritis. Trus kenapa performa dan kinerjanya bisa lebih bagus bila menghirup aroma kopi ? Sesungguhnya yang membuat performa kita bagus adalah sugesti kita sendiri, aroma kopi hanyalah stimulus. Bisa saja sugesti tersebut muncul karena stereotipe atau stigma di lingkungan kita selama ini bahwa kopi (entah diminum atau hanya sekedar hirup) mampu membangkitkan semangat. Karena sudah tertanam dalam pikiran kita yang berasal dari stigma tersebut, maka dengan mencium aroma kopi (atau minum kopi) memang benar mampu membangkitkan semangat yang berujung pada meningkatnya performa, padahal sebenarnya tanpa minum kopi pun, semangat kita bisa saja muncul. Atau bisa pula semangat bisa saja bangkit dengan upaya lain tanpa harus minum kopi (semisal mendengarkan musik). Kalian pernah kan liat orang, yang bawaannya minum kopi biar melek, tapi kalo pun memang benar-benar ingin tidur, ya tidur saja walaupun habis minum kopi. Hahaha... 

Beberapa fakta tentang kopi yang mungkin kamu belum ketahui ?

Secangkir kopi green tea

Ini nih yang kalian harus tahu, bahwa ada beberapa fakta tentang kopi yang selama ini tidak kita ketahui. Referensi yang saya peroleh berasal dari berbagai sumber.

Pertama, kopi dapat menurunkan resiko kematian. Konon kabarnya orang yang minum kopi secara rutin akan hidup lebih lama dibandingkan mereka yg tidak minum kopi secara rutin. Entah ini sudah fakta atau masih mitos yah, soalnya coba deh kalau kita rutin minum kopi, tapi kalau tetap rajin minum alkohol juga kan sama aja. Intinya apabila menurunkan resiko kematian, maka hindarilah kebiasaan buruk dan minumlah kopi sebagai salah satu hal pendukun tersebut.

Kedua, memperbaiki daya ingat. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa kopi dapat membantu melakukan semua hal tersebut. Peneliti dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan kemampuan otak untuk menciptakan ingatan jangka panjang. Mengkonsumsi 200mg atau satu cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan otak untuk merekam dan mengingat banyak hal. Kalau ini mungkin cukup masuk akal, sebab minum kopi memang kita akan bersemangat. Semangat yang timbul mampu menstimulus seluruh bagian tubuh kita termasuk otak. Jadi ceritanya habis minum kopi, otak terasa lebih segar dan tentunya akan meningkatkan daya ingat.
Ketiga, membakar lemak. Kita mungkin akan merasa lebih bersemangat setelah meminum secangkir kopi. Lebih dari itu, kopi tidak hanya membuat kita terjaga tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh. Studi pada tahun 2013 yang diterbitkan oleh Nutrition and Metabolism menemukan fakta bahwa mengkonsumsi kafein sebelum aktivitas fisik dapat membangkitkan energi tubuh lewat pembakaran lemak. Jadi ceritanya cukup minum kopi aja, dan berat tubuh anda akan menurun, is that all ? Who knows.

Keempat, meningkatkan daya tahan tubuh. Pernah ngga sih kita minum kopi dan merasa badan jadi bugar dan prima. Hal ini mungkin saja benar, sebab kafein kopi yang membuat kita melek adalah salah satu faktor pemicu mengapa badan kita terasa segar setelah  minum kopi. Apabila didukung oleh data penelitian terkait, maka hal ini dapat benar-benar menjadi sebuah fakta yang sah.

Kelima, kopi sebagai anti kanker. Awalnya kopi dianggap sebagai karsinogenik namun pernyataan tersebut dibantah oleh beberapa pihak institusi kesehatan. Faktanya, setelah meninjau lebih dari 1000 riset oleh sebuah organisasi kesehatan dunia, menemukan kesimpulan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 15 persen

 Itulah semua hal-hal menarik seputar secangkir kopi, jadi bagi saya sendiri, sebuah ide gagasan bisa muncul setelah minum kopi. Minum kopi paling enak di pagi hari dan siang hari. Kalau minumnya di malam hari takutnya gak bisa tidur guys. So, kalau kamu sendiri pecinta kopi apa bukan nih ?

Bagikan

Jangan lewatkan

Ada berbagai Kisah dari Secangkir Kopi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 komentar

Tulis komentar
avatar
9 April 2020 pukul 22.02

kelinci99
Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino

Reply
avatar
20 Juni 2020 pukul 01.40

SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya
SahabatQQ adalah agen domino99, poker online, dominoqq, bandarqq, yang sangat berkualitas dan teruji aman dengan permainan kartu online yang sangat menarik dengan winrate yang tinggi

Reply
avatar
30 Juli 2020 pukul 20.59

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Reply
avatar
18 Juni 2021 pukul 22.44

okezone88 agen slot deposit pulsa tanpa potongan di indonesia

Reply
avatar
18 Oktober 2021 pukul 04.08

keseruan dari bermain idn poker idn poker terbaru idn poker terbaik situs idn poker terbaik poker idn terbaik tidak akan berhenti pada 1 titik saja, melainkan ada berbagai macam tingkat keseruannya, dan semua itu sangat bergantung dari pemilihan meja yang anda lakukan sebelum mulai bermain

Reply

Hello, I am Izran Asnawi. A lecturer of chemistry, a coffee lover, and interested in food photography. I share my idea with philosophy of coffee, because there are a lot of story to tell start from coffee ☕

Please enter your tought here 👇🏻