Minggu, 13 Januari 2019

List 10 Things that Make Me Really Happy


Sebelum saya menuliskan daftar 10 hal yang membuat saya bahagia, saya ingin memberi tahu terlebih dahulu siapa diri saya. Saya adalah introvert-ekstrovert namun saya bukan ambivert, sebab sisi introvert saya lebih menonjol sedikit dibandingkan ekstrovert. Terkadang saya adalah orang yang perfeksionis, namun kelamaan saya berpikir perfeksionisme yang saya miliki bisa menjadi kelemahan bagi saya bila tidak diatur dengan manajemen yang baik, sehingga terkadang saya cukup legowo terhadap apapun hasil dan kondisi yang ada. Walaupun saya menekuni ilmu sains yang membuat kepala botak, namun saya adalah pribadi yang menyenangkan dan lihai berkomunikasi terhadap setiap orang. Minat dan hobi saya adalah kuliner, olahraga, dan fotografi. Hal yang membuat saya bahagia adalah cukup sederhana seperti daftar berikut : 

1. Enjoying My Fave Food a.k.a Nasi Padang

Nasi Padang Restoran Sederhana (pic taken by me)

A food from heaven (pic taken by me)

 
Mie Titi khas Makassar (pic taken by me)

Makanan adalah hal yang paling membuat saya bahagia. Ketika makanan ada di depan mata, apalagi makanan lezat nan favorit, saya merasakan adanya unsur kehidupan. Mie titi adalah makanan terfavorit saya. Walaupun sudah kenyang, namun apabila disuguhi makanan ini, tetap saja dapat saya nikmati hingga lahap. Entah apa yang membuat makanan ini begitu favorit bagi saya, namun tekstur mie yang kering dan garing, kekentalan kuah yang dominan rasa bawang putih, ada potongan ayam yang banyak, beserta sawi hijau yang berbunyi indah bersama kriuk mie kering, semua adalah perpaduan sempurna dan indah dimulut saya. Ketika sedang stress, contohnya ada hal yang diinginkan namun tidak tercapai, pelariannya adalah menikmati makanan ini untuk membangkitkan mood dan semangat. Makanan selanjutnya adalah nasi padang, apalagi ayam goreng berempah beserta sambal hijau ala RM Sederhana, adalah kebahagiaan yang tak terkira ketika semuanya sudah masuk dalam mulut. Tak lupa pula sayur nangka beserta daun singkong yang begitu familiar di mulut. Belum lagi nasi yang basah oleh kuah kari, mantapnya luar biasa. Makanan ini saya nikmati apabila lagi benar-benar lapar dan akan melaksanakan aktivitas yang penting setelahnya, ataupun telah menyelesaikan satu hal penting dan perlu selebrasi untuk merayakannya. Sambal matah? Ini mah makanan wajib yang harus ada di meja makan saya tiap saat. Berhubung saya tinggal sendiri dan masak sendiri, sambal matah adalah pelengkap makanan yang cukup penting dan harus ada. Rahasia enaknya cukup sederhana, cukup cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan jahe yang dihaluskan kemudian tumis beri garam dan gula, jadi deh...


2. A Lot of Good Pic in My Inventory



It is always about coffee (pic taken by me)

It is always about coffee (2) (pic taken by me)

It is always about food (pic taken by me)

Bahagia itu tidak harus mahal, hal sederhana saja contohnya punya stok foto kece di handphone itu sudah membuat saya bahagia. Stok foto kece contohnya seperti apa? Karena saya adalah food lover maka salah satu hal yang kece bagi saya adalah foto makanan dengan fotografi hidup di dalamnya. Tentunya saya mengambil gambar tidak dengan asal jepret sana sini, tapi memperhatikan hal-hal penting dalam fotografi. Waktu itu saya pernah mengikuti workshop still life photography by kak Winarniks, dari situ saya belajar banyak  bahwa apapun gadget yang kita punya untuk mengambil gambar, hasilnya akan tetap sama bagusnya apabila memperhatikan trik-trik tertentu. Belum lagi, foto diri sendiri yang diambil oleh teman dan  hasilnya sangat memuaskan saya. Hasil foto yang memuaskan adalah pengambilan sudut angle yang baik sehingga mampu membuat tampil baik di kamera dan meminimalisir kekurangan  saya (sebut saja chubby, tampak gemuk , atau kaki dengan shape of O hahaa... ) dan latar belakang yang bagus dan unik. Berhubung saya selama ini hanya mengambil gambar melalui HP, maka wishlist saya adalah memiliki kamera instagrammable suatu saat agar tampil kekinian. Mengapa hal tersebut membuat saya bahagia? Sebab gambar indah yang diambil oleh diri sendiri dan hasil usaha sendiri, adalah suatu kepuasan dan kebanggaan yang timbul dalam diri sendiri. 

3. Listen to Music (while imagine that you are the singer and perform on the stage)

Source : Frontiers

Music is all about communication and release stress, yup thats true! Alunan musik yang dipadukan suara yang indah menjadi suatu kesatuan membentuk karya seni yang dapat dinikmati dan tak ternilai harganya. Akhir-akhir ini saya sering menikmati alunan musik dari penyedia aplikasi bernama Joox, sebab aplikasinya ringan, terdapat lirik, banyak pilihan lagu, dan hemat paket data. Penyanyi favorit yang saya kagumi akhir-akhir ini adalah Michael Buble, Sam Smith, dan Clay Aiken. Lagu dan suara mereka mampu menghipnotis pikiran saya untuk berangan-angan bahwa saya menyanyi di atas panggung dengan karakter vokal dan suara yang sama dengan mereka. Kalau dari Michael Buble saya paling suka dengan lagu Lost dan To Love Somebody. Suara beliau cukup ringan, ada unsur jazzy, tidak tinggi-tinggi amat namun memiliki dinamika yang khas dan menjadi karakter dirinya untuk menghibur sang penggemar. Karena saya adalah seorang singer wannabe yang tak bakal kesampaian, terkadang saya berangan-angan bernyanyi seperti dia dengan gaya yang santai, nyaman, dan ringan namun tetap memikat. Sam Smith ? siapa sih yang tidak kenal dengan satu ini? Suaranya yang terkenal tinggi, banyak vokal akrobatik, dan head voice yang khas menjadi singer favorit saya, apalagi di lagu too good at goodbyes yang banyak bengkok-bengkoknya. Clay Aiken ? hmmm... terkadang setelah lagunya selesai saya dengarkan, saya standing applause sendiri di tempat (lebay banget yakk... hahaa, tapi emang bener lho). Lagunya berkali-kali saya putar dan tak pernah bosan. Suaranya? Waduh ini mah indah, sangat merdu, menggelegar, dan terkenal dengan suaranya yang tinggi plus teknik vokal yang jempol. Lagu yang paling saya suka dari beliau adalah without you cover version by Mariah Carey. Dengerin lagu ini versi beliau memang benar-benar membuat saya menangis. Menangis karena benar-benar pesan yang tersampaikan dan bakat vokal yang menakjubkan sambil dalam otak berpikir bahwa “ada yaa orang yang suaranya bagus banget kayak gitu...”. Hal ini membuat saya bahagia tentunya dengan mengubah mood saya ke arah positif sebab emosi yang timbul dari alunan lagu.

4. Finishing Workout Program (Running or Freeletics)

Run run run

Sesaat ketika menulis artikel ini, saya baru saja menyelesaikan latihan olahraga. Ya, saya adalah workout freak walaupun tubuh saya tidak kunjung-kunjung ideal karena seorang tukang makan. Namun sensasi ketika telah menyelesaikan workout (ntah berupa lari marathon atau body training seperti cardio atau strength), dengan kelelahan dan keringat yang membuat basah pakaian itu, memberi kepuasan tersendiri bagi saya. Kepuasan yang ada tak ternilai harganya ketika kerja keras dan kelelahan yang ada, namun semua terbayarkan ketika latihan telah selesai. Jujur saja memulai latihan atau mengumpulkan semangat untuk olahraga sangatlah berat. Ketika latihan sudah berlangsung dan mulai capek, dalam hati sempat berpikir “ini latihannya kapan selesainya ya?”. Intinya adalah ketika latihan berlangsung kita juga dihadapkan oleh gejolak emosi sehingga disitulah letak kita bagaimana mengontrol emosi. Mengatur emosi untuk tetap menjalankan latihan agat tetap sesuai instruksi dan tidak menyerah di tengah-tengah perjalanan adalah hal terberat yang perlu dilakukan. Hingga akhirnya waktu selesai latihan telah tiba, saya merasa bahwa saya adalah pemenang dan disitulah letak kebahagiaannya.
Saya ingin memberi contoh, ketika saya mengikuti event lari pertama saya yaitu Bira Run tahun 2017 sejauh 7 KM. Seumur-umur saya belum pernah lari sejauh itu dan tiba-tiba memberanikan diri mengikuti event ini karena merupakan event terbesar yg diadakan di kampung halaman saya. Diawal-awal 2 KM saya cukup excited menjalani lari, namun hingga akhirnya tiba pada tantangan  untuk berlari pada trail tanjakan menaiki bukit yang cukup tinggi. Disitulah saya bergejolak dengan emosi, “ya Allah rute tanjakan ini kapan selesainya?” Saya pun  bergejolak dalam hati bahwa saya tidak boleh berjalan ataupun beristirahat dan tetap harus berlari hingga garis akhir. Rute tanjakan pun telah selesai, namun kami harus berlari sesuai rute untuk melewati garis pantai. Jujur saat itu saya berpikir sudah sangat ingin berjalan karena sudah ngos-ngosan, namun tetap saya bergejolak dengan emosi untuk melawan itu. Hingga akhirnya sebagai solusi saya cukup berlari dengan kecepatan rendah agar mampu tetap menjaga stamina sampai garis akhir. Semangat saya pun muncul karena dari pelari lain yang tetap semangat hingga menular ke saya. Saya berlari dengan kecepatan rendah hingga pada 1 KM terakhir, melewati tanjakan kembali namun tetap ngos-ngosan, jantung sudah hampir lepas, sudah berasa mau mati, dan lagi-lagi dalam hati berpikir bahwa garis akhir kenapa belum muncul-muncul juga. Hingga akhirnya pada sekitar 500 m yang tersisa, saya bertemu dengan teman saya yang juga berjuang untuk mencapai garis akhir. Masih ada tanjakan di depan kami dan kami pun bersama-sama bergandengan tangan agar berlari dengan kecepatan yang sama sebab garis akhir tinggal sedikit lagi. Disaat garis akhir sudah muncul depan mata, semangat saya kembali bangkit dan kecepatan lari saya meningkat. Ketika mencapai garis akhir saya pun dikalungi medali dan disitulah saya benar-benar merasa sebagai sang  juara (walaupun bukan benar-benar juara yang memperoleh hadiah utama) karena telah mengontrol emosi selama perjalanan. Kebahagiaan yang ada tak ternilai ketika saya merasa bahwa telah menyelesaikan satu tugas berat ini. Kebahagiaan itu memang tak dapat dibeli. Cukup dengan menyelesaikan tugas berat sudah membuat kita berbahagia. 

5. Visiting a new place a.k.a Travelling



Some day in Taipei City

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka traveling apalagi beramai-ramai atau rombongan. Namun traveling itu jadi begitu menyenangkan ketika dilakukan bersama orang yang kita senangi dan sehati. Apalagi melakukan traveling seorang diri, sensasi kebahagiaannya menjadi berkali lipat luar biasa ketika mengunjungi tempat-tempat yang baru dikunjungi. Saya pernah melakukan traveling seorang diri ke Taiwan untuk menjalani tugas volunteer. Memang tidak membutuhkan biaya yang sedikit, namun saya telah cukup menabung untuk melakukan hal itu. Saya juga waktu itu menerapkan traveling hemat selama perjalanan agar tidak banyak biaya yang terbuang sia-sia namun tetap berkesan dan nyaman. Saat perjalanan ke Taiwan, pesawat saya transit di Singapura selama 18 jam dan saya pun memanfaatkan kesempatan itu. Dengan modal uang SGD 30 (sekitar 300 ribu rupiah) saya dapat keliling singapura dengan naik MRT, menuju Merlion Park, menikmati es krim potong, jalan-jalan disekitar Charles Statue, keliling terminal bandara changi, nginap di bandara, dan memanfaatkan segala fasilitas bandara. Letak kebahagiannya adalah ketika kita mengunjungi suatu tempat dengan pemandangan yang berbeda (dengan lingkungan sehari-hari kita lewati) dan menakjubkan. Contohnya ketika saya mengunjungi Merlion Park pemandangannya saat indah dan diseberang sungai terdapat Marina Bay Sands dengan gedung yang saya tak habis pikir bagaimana membangung gedung seunik itu. Saat mengunjungi pantai Kuta Lombok, saya melihat pantai pasir putih yang sangat bersih dengan laut yang biru, dan pinggir kiri kanan pantai ada pemandangan hutan yang hijau. Ketika berada di pantai itu saya berpikir “subhanallah tempat ini indah banget”. Pertama kali jalan-jalan ke kota Tua Jakarta, saya juga cukup senang sebab bentuk bangunan yang cukup unik dan banyak kuliner memanjakan lidah yang dapat dicicipi. Jadi letak kebahagiaannya dimana? Keindahan tempat yang baru dikunjungi tersebut sudah lebih dari cukup untuk membuat saya bahagia.  

6. Sharing Knowledge

A moment KKN di Kab Tanah Datar, Sumatera Barat

Poin yang satu ini cukup krusial. Mengapa? sebab berbagi ilmu menunjukkan seberapa besar ilmu yang kita peroleh dan membuat kuantitas ilmu tersebut menjadi semakin banyak. Ya, ilmu yang kita bagi tidak akan berkurang justru akan menjadi semakin banyak. Ketika saya mengajar bahasa inggris kepada siswa sekolah dasar di Taiwan, para siswa banyak mengucapkan terima kasih kepada saya ketika program kegiatan volunteer telah selesai (secara langsung maupun simbolis). Hal tersebut sebagai bentuk semangat baru bagi mereka karena merasa senang sek. Saat ini pun saya sedang aktif dalam kegiatan volunteer mengajar bahasa inggris kepada siswa tunanetra. Adalah kebanggan tersendiri bagi saya yang mampu mengajarkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Kebahagiaan muncul ketika kita merasa telah memberikan ilmu dengan baik dan respon dari siswa cukup berkesan baik. Kebahagiaan tersebut muncul karena dalam diri ada rasa bangga telah menjadi bagian terciptanya anak bangsa yang cerdas dan bermanfaat. Cita-cita saya adalah menjadi seorang guru karena alasan tersebut. Hingga saat ini saya belum memperolehnya, namun saya yakin dengan kerja keras maka mimpi tersebut dapat saya wujudkan.  

7. Meet A New People and Enjoying Talk to Them

Different race, different culture

Sebenarnya saya adalah orang yang dominan introvert, namun tidak dapat dipungkiri bahwa saya juga membutuhkan teman dengan visi misi serta karakter yang hampir sama. Jujur saja, sahabat saya tidak banyak, namun saya tetap menjalin hubungan pertemanan dengan siapa saja. Ketika bertemu sahabat tentu akan membuat saya merasa senang, namun kebahagiaan berkali lipat bila bertemu teman baru dengan karakter cocok dengan kepribadian kita dan juga cocok saat diajak ngobrol. Entah kenapa bertemu teman baru memberi kebahagiaan tersendiri, mungkin merasa karena segala sesuatu yang baru adalah menyenangkan dan memberi semangat baru.

Kebahagiaan itu kita yang rasa, kita yang ciptakan, dan kita yang nikmati. Sampai di 6 hal ini, saya merasa kesulitan mencari hal kebahagiaan apa lainnya yang benar-benar membuat saya bahagia. Dari situ saya merasa apakah saya orang yang tidak dapat menikmati hidup, sebab salah satu indikasinya adalah apabila kita mampu menciptakan banyak hal kebahagiaan. Hingga akhirnya untuk menulis empat hal kebahagiaan yang tersisa, saya membutuhkan banyak waktu dan cukup berpikir keras untuk menulisnya. Sebab enam hal kebahagiaan di atas adalah hal spontan yang benar-benar saya rasakan selama ini, sehingga cukup mudah dan tidak mengambil waktu banyak untuk memikirkannya.

8. Looking Good from Top to Toe

I do not know wether this is a definition a good looking of me, but i just like to look at it , haha

Setiap manusia punya hak untuk terlihat baik di mata orang lain, termasuk diri saya. Sebenarnya pada dasarnya saya tidak senang bila menonjol saat dilihat orang lain, namun terkadang penampilan adalah tetap nomor satu. Bila kita terlihat baik maka juga akan berpengaruh terhadap diri sendiri. Contohnya saja bila kita merasa cukup bersih dan wangi, maka orang lain didekat kita pun akan merasa nyaman dan memberi aura positif terhadap diri kita serta mampu membangkitkan percaya diri. Namun ada kalanya kita bercermin dan merasa ada yang kurang pada diri kita (mungkin saja karena terlihat gemuk, wajah kusam, atau pakaian terlihat tidak cocok). Hal yang membuat saya bahagia adalah ketika penampilan saya terlihat baik (menurut penilaian saya) dari atas sampai bawah. Saya juga merasa senang bila terlihat kurus atau tirus di cermin, karena membuktikan bahwa olahraga yang selama ini saya lakukan memberi hasil yang memuaskan. Bukannya narsis, tapi begitulah hidup bahwa penampilan yang baik akan mempengaruhi aktivitas keseharian kita dengan baik. 

9. Get a Gift from Someone

Someone gave me a some gift from Korea

Apapun hadiah yang diberikan oleh teman atau keluarga, akan saya syukuri dan simpan dengan baik. Ntah kenapa, bila diberi sesuatu yang telah dibungkus dengan apik tentu akan menimbulkan rasa penasaran, apa isi didalamnya. Apalagi bila isinya adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan atau inginkan, dan itu adalah kebahagiaan yang luar biasa. Namun bila isinya adalah sesuatu yang menurut saya biasa saja, saya tetap menghargai keputusan si pemberi mengapa memberi hadiah tersebut. Hal yang membuat saya bahagia  ketika itu memperoleh banyak hadiah dari anak-anak sekolah dasar tempat saya mengajar volunter di Taiwan. Ada yang memberi gantungan kunci, surat pesan dan kesan, gambar tentang diri saya dan mereka, cemilan, dan mainan. Semuanya  mungkin hanyalah hal yang biasa namun saya menghargai usaha tiap anak-anak tersebut untuk memberi saya kenang-kenangan agar tetap disimpan dan diingat, dan tentunya sampai saat ini saya masih menyimpan semua dengan baik. 

10. Money Couldnt Buy My Happiness But It Should Be

Correct ! (Source : http://www.picturequotes.com)

Sebenarnya uang bukanlah hal yang membuat saya benar-benar bahagia. Uang adalah hal yang penting dalam hidup namun uang tidak dapat membeli segalanya termasuk kebahagiaan. Namun tidak dapat dipungkiri ketika menerima uang, apalagi dalam jumlah banyak, tentu membuat kita bahagia sebab kita mampu membeli barang dan jasa yang kita inginkan. Namun sifat dasar manusia adalah tidak pernah merasa puas terhadap apa yang telah diperoleh. Telah memiliki uang banyak namun masih merasa kekurangan. Namun cukup menjadi hal penting bagi kita adalah bersyukur terhadap segala hal yang telah kita miliki, baik sangat merasa kekurangan ataupun berlebihan. Sebab kunci kebahagiaan terletak disitu, apapun yang kita miliki, baik atau buruknya, namun apabila disyukuri maka kebahagiaan yang hakiki dapat kita rasakan. So guys, jangan pernah merasa uang adalah segalanya. Jangan diperbudak oleh uang. Jangan uang yang mengontrol kalian tapi kalianlah yang mengontrol uang.

Bagikan

Jangan lewatkan

List 10 Things that Make Me Really Happy
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

5 komentar

Tulis komentar
avatar
14 Januari 2019 pukul 08.08

Bagus memang caranya ambil foto di'.. Mantap mentong ikut workshopnya kak inar 👍 haruska berguru ini 😂

Reply
avatar
15 Januari 2019 pukul 07.14

Nur Ainhy : Mari, silahkan merapat :)
K Evhy : Iya dong, dan sepertinya k evhy juga sudah mulai nyusul nih bagus2 fotonya haha

Reply
avatar
9 April 2020 pukul 22.02

kelinci99
Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino

Reply
avatar
30 Juli 2020 pukul 20.59

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Reply

Hello, I am Izran Asnawi. A lecturer of chemistry, a coffee lover, and interested in food photography. I share my idea with philosophy of coffee, because there are a lot of story to tell start from coffee ☕

Please enter your tought here 👇🏻