Jumat, 28 Desember 2018

Empat Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Interstellar (salah satunya adalah mengasah otak kamu)

Sebelum kamu baca artikel ini kamu harus nonton dulu filmnya atau baca dulu sinopsisnya disini.
Atau ...
kalau baru mau nonton filmnya, boleh juga kok baca artikel ini dulu sebagai referensi kamu sebelum nonton filmnya, sambil memutuskan apakah kamu ingin menonton filmnya atau tidak. 
Lets check it out !

Kisah cerita yang mampu membuat kita takjub terhadap kuasa sang pencipta

Setelah menonton film ini, saya pribadi  merasa takjub dan salut terhadap jalan cerita yang ditawarkan oleh sutradara Cristopher Nolan. Sang sutradara sangat cerdas dan jenius membuat kisah cerita seperti ini. Film Interstellar, konon katanya adalah salah satu karyanya yang terbaik. Dengan rasa takjub yang saya rasakan, saya menjadi yakin bahwa kuasa tuhan memang sangat besar menciptakan alam semesta yang begitu luas dan penuh misteri ini. Sebut saja black hole, walaupun belum pernah ada yang kesana, namun kita dapat menerka betapa misteriusnya tempat black hole itu, seperti apa black hole yang sebenarnya, apa tujuan black hole, seperti apa cara menuju kesana, dan mengapa tidak ada manusia yang bisa sampai kesana. 




Trus lagi, di adegan tentang worm hole. Adanya worm hole menjelaskan betapa luasnya alam semesta ini. Dengan adanya worm hole itu memperdekat yang jaraknya super mega jauh. Tapi entahlah hingga saat ini masih diteliti apakah worm hole itu benar-benar ada di dunia nyata atau tidak. Menuju galaksi satu dengan galaksi lain perlu jarak yang mega jauh, bahkan beratus-ratus tahun cahaya. Misalkan saja, galaksi yang paling dekat dengan galaksi kita (bimasakti) adalah galaksi Kerdil Canis Major (beberapa sumber mengatakan bahwa galaksi terdekat adalah galaksi Andromeda) yang jaraknya 25.000 tahun cahaya dari tata surya kita. Ingat yah satu jaraknya adalah tahun cahaya, bukan kilometer atau miles

Jarak tahun cahaya adalah jarak yang harus ditempuh oleh suatu berkas cahaya menuju objek tertentu. Setahu kita kan, cahaya adalah partikel tercepat yang ada di alam semesta ini. Misalkan saja, kita ingin menyinari suatu objek di depan kita yang jaraknya 10 m di depan kita menggunakan senter. Pernahkah anda menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh cahaya tersebut untuk tiba di objek yang anda sinari ? Tentunya waktunya secepat kilat bukan ? Bagaimana bila jaraknya lebih jauh lagi, anggaplah 20 m. Waktunya pun masih beda tipis, serasa secepat kilat dan kurang dari satu detik. Nah, maksud dari satuan tahun cahaya ini adalah jumlah tahun yang dibutuhkan oleh suatu cahaya untuk tiba di objek bersangkutan (taruh lah yang kita maksud adalah galaksi). Kebayang kan ya, cahaya aja yang merupakan partikel tercepat di alam semesta butuh waktu berpuluh ribu tahun untuk tiba di galaksi yang bersangkutan, nah gimana dengan partikel non-cahaya? Taruh lah kapal pesawat atau semacamnya (toh kita kalau mau kesana pasti pakai pesawat ulang alik). Kebayang kan ya, berapa banyak bahan bakar yang harus dipakai untuk tiba disana. Belum juga sampai, masih dalam area galaksi aja udah duluan habis. Dalam benak kita, udah kebayang lagi betapa jauhnya galaksi itu satu sama lain. Betapa besar kuasa ciptaan Allah SWT terhadap alam semesta ini beserta seluruh isinya, termasuk planet , tata surya, galaksi, dan black hole

Tugas kita sebagai umat manusia adalah tetap tawakal dan berserah kepadea-Nya. Tetap bersyukur atas segala nikmat dan karunia-Nya. Merasa bersyukur pulalah kita dijadikan oleh-Nya sebagai makhluk yang paling mulia ciptaan-Nya, karena memiliki akal sehat, hawa nafsu, hingga mampu berpikir secara rasional dan menjadi kreatif.
 

Membuka memori menuju pelajaran sains SMA

Beberapa materi pelajaran sains yang tersirat dalam film ini adalah, relativitas Einstein, hukum newton III, bioteknologi reproduksi, gaya gravitasi bumi, dasar-dasar astronomi, gaya sentrifugal, dll. Unsur-unsur dalam kehidupan. Kalau kalian merasa agak lupa dengan teori tersebut, boleh lah buka-buka kembali bukunya. Kalo lagi males buka, boleh lah sharing dan diskusi bersama teman apabila terdapat momen adegan yang tidak dimengerti, atau boleh baca penjelasannya di link ini.



Baru nonton filmnya, teori sains pertama yang muncul adalah unsur-unsur kehidupan di bumi. Karena adegan pertama film sudah menggambarkan tentang kondisi bumi sudah tidak layak huni, awalnya daya berpikir emang bisa gak ya?. Hingga akhirnya saya mengingat kembali apa-apa  saja yang menjadi unsur kehidupan. Salah satunya adalah suplai energi yang cukup yang bisa berasal dari makanan. Dalam film ini digambarkan katanya tanaman yang bisa tumbuh di bumi hanya jagung, dan jagung pun tidak lama lagi akan punah pula. Berarti kita masih ingat dong ya, komponen rantai makanan. Tumbuhan menduduki posisi pertama sebagai produsen karena mampu membuat makanan sendiri dari proses fotosintesis. Lantas kalau tumbuhannya sendiri punah, trus manusia bisa makan dari mana dong ?

Teori sains kedua yang muncul adalah pengetahuan tentang dasar-dasar astronomi. Kan harus tahu dulu, mana sistem tata surya, mana bintang, mana planet, mana galaksi, dan mana alam semesta. Berapa jarak menuju planet lain dalam satu sistem tata surya dan berapa jarak menuju planet lain bila beda galaksi. Karena mereka notabenenya ingin pergi menuju planet baru di luar galaksi maka mereka melewati jalan pintas yakni worm hole. Namun worm hole tersebut tidak ada dalam teori nyata sains kita. Sampai sekarang ini worm hole tersebut masih diperdebatkan.  

Lanjut lagi, teori selanjutnya adalah bioteknologi reproduksi pada pelajaran biologi. Apabila plan B dilaksanakan maka populasi manusia akan dikembangbiakkan dengan teknik surogasi, yakni sel sperma manusia disimpan dan diawetkan yang kemudian suatu saat dapat ditumbuhkan pada perut sang ibu bila diperlukan. Is that true ? yang anak biologi komen di kolom bawah ya ... 

Ada juga teori kimia tentang komponen penyusun kehidupan. Saat mereka menjelajah planet baru, tentu mereka mengsyaratkan bahwa planet layak huni adalah yang mengandung komponen unsur kehidupan, seperti air, oksigen, senyawa organik lainnya. Kan masih ingat ya pelajaran biologi, teori asal usul makhluk hidup, teori abiogenesis modern. Teori abiogenesis modern menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari tak hidup, melalui percobaan reaksi senyawa anorganik menjadi senyawa organik sebagai zat penyusun kehidupan. 

Kemudian yang paling bikin bingung, teori relativitas pada pelajaran fisika. Teori ini masuk pada bagian fisika modern. Kenapa terdapat perbedaan waktu dalam momen bersama antara bumi dan planet lain atau tempat lain di ruang angkasa. Kenapa pas Mr. Cooper pas udah kembali dari misinya, anaknya justru terlihat lebih tua daripada dirinya. Semua jawabannya silahkan baca kembali tentang teori relativitas einstein di pelajaran SMA atau baca disini untuk jawabannya.  

Masih ada banyak lagi teori ilmu yang membuat kita ingin membuka lagi pelajaran sains SMA. Mungkin ada yang menambahkan teori apa saja itu ? Silahkan komen di bawah.  

Ada banyak hal pengetahuan baru, membuat kita berpikir dan semakin pintar

 

Dengan banyaknya teori-teori sains yang disajikan dalam film ini, maka tentunya akan menambah wawasan kita, baik terhadap pengetahuan yang baru diketahui atau menyegarkan kembali pengetahuan kita.

Pengetahuan baru bagi saya dalam film ini adalah worm hole. Saya berpikir bahwa hal tersebut fiktif, namun setelah saya telaah kembali dunia ilmu pengetahuan masih mengkaji pengetahuan tersebut agar terpecahkan. Bisa saja kan memang benar adanya worm hole di sisi bagian alam semesta ini ?

Ada juga pengetahuan baru tentang upaya cryo sleep atau tidur panjang selama perjalanan menuju planet baru.  Awalnya cryo sleep hanyalah fiktif, namun dalam dunia medis hal tersebut pernah dilakukan oleh beberapa manusia.

Menurut kalian pengetahuan baru apa yang kalian dapat film ini ? Komen di kolom bawah ya...

 Pesan dan amanah, serta akhir cerita yang menarik 

 

Pesan amanah dalam film ini ada banyak. Yang pertama adalah kita harus konsisten terhadap janji dan menepati janji. Mr. Cooper di awal sebelum berangkat menjelajah misi, sudah berjanji pada anaknya akan kembali suatu saat dan berjanji pula akan pulang dalam keadaan selamat. Dan ternyata dia menepati janjinya. Setelah penantian sekian panjang sekitar 100 tahun dia kembali dalam keadaan selamat demi anaknya. Anaknya pun sudah terlihat lebih tua dari dirinya karena relativitas waktu. Dia sempat melihaat anaknya dalam detik-detik terakhirnya sebelum meninggal.

Selain itu film ini mengingatkan saya untuk kerja cerdas bukan kerja keras. Bayangkan ya, untuk pergi ke planet jauh gak harus lewat jalur utama karena itu cukup menguras energi dan bahan bakar. Karena ada worm hole, mereka jadi lebih mudah tiba di galaksi lain. Trus juga, karena kondisi persediaan makanan dan bahan bakar terbatas, maka untuk tiba menuju tujuan planet terakhir agar menghemat bahan bakar, cukup menuju orbit Gargantua agar mampu terpental jauh keluar orbit hingga menuju ke lintasan planet terakhir. 

Pesan untuk saling tolong menolong sangat kuat diceritakan pada film ini. Upaya untuk menyelamatkan kondisi dan populasi umat manusia betul-betul digambarkan sebagai upaya yang perlu diberi solusinya agar dapat tercapai sesuai rencana. Ketika Mr. Cooper menyatakan akan melakukan misi ini demi kemaslahatan umat manusia, ia berjuang mati-matian mempertaruhkan nyawa demi keberhasilan misi tersebut. Mereka adalah manusia-manusia terpilih yang mampu bertahan dalam kondisi ekstrim untuk menyelamatkan kondisi umat manusia. Kebayang gak ya bila kita berada dalam posisi itu, sungguh tangggung jawab yang sangat besar. 

Ingat Profesor Brand kan ? Ya dia menghabiskan seluruh hidupnya hanya untuk menyelesaikan persamaan rumit agar stasiun dapat dibangun untuk mengangkut umat manusia menuju planet baru. Ya seluruh hidupnya dia habiskan hanya dengan belajar, belajar, dan belajar. Hakikat manusia dalam menuntut ilmu memang seperti itu. Pepatah menyuruh kita untuk menuntut ilmu menuntut ilmu hingga ke liang lahat. Belajar tidak harus melulu tentang sains. Belajar tentang hakikat kehidupan tentunya kita jalani selama hidup di dunia.  Tentunya kita sebagai umat manusia mengalami berbagai pelajaran hidup selama bertahan di dunia yang fana ini. Hidup terus berjalan bagai roda kehidupan. Kadang berada di atas dan kadang berada di bawah. Ketika terus belajar dari seluruh kesalahan yang ada agar tidak terulang lagi.

Film ini juga mengajarkan kita tentang cinta dan kasih sayang.  Karena rasa cinta Mr. Cooper terhadap anaknya, dia rela berjuang bertaruh nyawa agar dapat kembali bertemu anaknya. Dalam film ini juga terdapat beberapa adegan yang menyebarkan pesan kasih sayang, salah satunya adalah perasaan cinta Amelia Brand terhadap Edmund, sehingga naluri dan instingnya mengatakan di sanalah kehidupan akan ada. Tanpa alasan dan argumen yang cukup jelas, cinta membawanya menuju jawaban yang benar menurut kata hatinya, sebab menurutnya "cinta tidak terbatas terhadap ruang dan waktu". 

Menurut kalian ada pesan apa lagi yang disampaikan dalam film ini. Beri komentar di kolom bawah ini ya ... 


Baca Juga : 

Bagikan

Jangan lewatkan

Empat Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Interstellar (salah satunya adalah mengasah otak kamu)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
9 April 2020 pukul 22.03

kelinci99
Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino

Reply
avatar
30 Juli 2020 pukul 20.59

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Reply

Hello, I am Izran Asnawi. A lecturer of chemistry, a coffee lover, and interested in food photography. I share my idea with philosophy of coffee, because there are a lot of story to tell start from coffee ☕

Please enter your tought here 👇🏻